Rabu, 11 November 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika
Nama Sekolah : SMP
Kelas/ Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep segi empat serta menentukan ukurannya.


A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang.

B. Indikator
Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya.

C. Sumber
Buku matematika 1B untuk SMP kelas VII semester II, hal 83.


D. Metode pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab dan pemberian tugas.


E. Uraian materi
Persegi panjang adalah segi empat yang keempat sudutnya siku-siku dan sisi-sisi yang berhadapann sama panjang dan sejajar.

Sifat-sifat persegi panjang:
1. sifat sisi-sisi persegi panjang
Dalam persegi panjang, sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
A B


C D

Missal : AB = CD dan AC = BD

2. sifat sudut-sudut persegi panjang
dalam setiap persegi panjang tiap-tiap sudutnya sama besar.
A B



C D
Misal : sudut A= sudut B = sudut C = sudut D


3. sifat diagonal persegi panjang
diagonal-diagonal dalam setiap persegi panjang sama panjang, saling berpotongan dan membagi persegi panjang dua sama besar.


F. Skenario Pembelajaran
1. Pendahuluan (5 menit )
a. Guru menyapa dan mengabsen siswa dan mengkondisikan siswa untuk menunjang PBM
b. Guru membangkitkan minat siswa, memberikan perasaan positif mengenai pengalaman belajar yang akan datang dan menempatkan mereka pada situasi optimal untuk belajar
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d. Guru mengaitkan materi hari ini dengan materi yang lalu.

2. Kegiatan inti (10 menit)
a. Guru menjelaskan tentang sifat-sifat persegi panjang ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya.
b. Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang telah dijelaskan.
3. Penutup (5 menit)
a. Guru bersama siswa merangkum materi yang telah dipelajari
b. Guru memberikan penekanan-penekanan yang harus diperhatikan oleh siswa dalam materi sifat-sifat persegi panjang.
G. Soal
1. Gambarlah persegi panjang PQRS, kemudian tentukan :
a. 2 pasang sisi yang sama panjang
b. 2 pasang sisi yang sejajar

A (b+3) cm B

2. a cm 6 cm

C D
10 cm
Pada gambar diatas ABCD adalah persegi panjang, tentukan :
a. nilai a
b. nilai b

Tidak ada komentar: